السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
SELAMAT DATANG DI PORTAL KEMENTERIAN AGAMA KOTA BINJAI

Kasubbag TU Binjai Bekali Materi Keislaman Peserta Pesantren Kilat Di Lapas Klas II-A Binjai

Kasubbag TU Binjai Bekali Materi Keislaman Peserta Pesantren Kilat Di Lapas Klas II-A Binjai


Binjai (Inhum). Kantor Kementerian Agama Kota Binjai bekerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan Klas II-A Binjai melaksanakan kegiatan pesantren kilat bagi warga binaan di lapas klas II-A Binjai mulai Senin, 6/7/2015 sampai hari Rabu, 8/7/2015 di Masjid lingkungan dalam Lapas Klas II-A Binjai Jl. Gatot Subroto Bandar Sinembah Binjai.
Kasubbag Tata Usaha H. Abdul Manan, MA mengawali pemberian materi tentang keislaman dalam kegiatan tersebut yang dipandu oleh Ketua Pokjaluh Drs. M. Ridwan dan didampingi oleh petugas lapas mewakili Kepala Lapas Indra.
Kegiatan yang direncanakan tiga hari kedepan tersebut akan diisi dengan materi keislaman yang menyangkut tauhid, syariah dan akhlaq serta praktek ibadah dan dzikir bersama yang dipandu oleh para narasumber yang cukup kompeten untuk memberikan pembekalan mental keagamaan bagi warga binaan.

Setelah materi keislaman selesai dirangkaikan pada session berikutnya tentang syariah yang disamapaikan oleh ustadz Sarwanto, S.Ag dan pada session terakhir untuk hari pertama dengan materi akhlaq dalam Islam disamapaikan oleh Hj. Marliah Sitepu, M.HI.
Menurut Abdul Manan bahwa Islam sebagai agama bagi seseorang diterima melalui berbagai macam cara, mulai dari karena orang tuanya telah beragama Islam, ada yang karena mendapat hidayah atau petunjuk, tetapi ada juga karena melalukan kajian dan pembelajaran yang inten akhirnya dapat menemukan nilai kebenaran dalam Islam.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa kebenaran bilai-nilai keislaman itu tertuang dalam ajaran agama. Karena salah satu ciri dapat disebut agama adalah bahwa ajaran itu harus bersumber dari Tuhan, selain itu ajaran tersebut harus memiliki kitab suci sebagai pedoman dan ajaran agama tersebut harus disamapaikan oleh utusan atau nabi.
Maka kebenaran Islam sebagai agama dapat ditelusuri melalui nilai-nilai Islam yang terdiri dari ajaran aqidah/tauhid yang terdiri dari dua keyakinan yakni rukun islam yang lima dan rukun iman yang enam keduanya menjadi hal yang mutlak diyakini dan di amalkan oleh seseorang yang mengaku beragama Islam, tegas Abdul Manan.
Landasan kebenaran dalam Islam yang berikutnya adalah Syariah yang menjelaskan hukum-hukum yang mengatur kehidupan umat Islam dalam aktifitas kehidupannya. Dan terakhir adalah akhlak yakni perilaku sebagai pengamalan dari aqidah dan syariah. Ketiganya harus baik kalau saja salah satu dari ketiganya tidak baik maka tidak baiklah keislaman seseorang.
Ceramah materi ini mendapat sambutan positif dari para warga binaan yang mulanya hanya sekitar tiga puluhan ketiak didengarkan materinya bagus banyak warga binaan yang mendekat dan mendengarkan dengan antusias ceramah pada pesantren kilat ini. (by mufied)

0 komentar:

Posting Komentar