السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
SELAMAT DATANG DI PORTAL KEMENTERIAN AGAMA KOTA BINJAI

Kemenag Binjai Laksanakan Bimtek Optimalisasi Kinerja Guru dan Pengawas Kristen

Kemenag Binjai Laksanakan Bimtek Optimalisasi Kinerja Guru dan Pengawas Kristen


Binjai (Inhum). Atas nama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Binjai Kassubag Tata Usaha H. Abdul Manan, MA membuka secara resmi pelaksanaan Bimbingan Teknis Optimalisasi Kinerja Guru dan Pengawas Kristen Tingkat Dasar pada hari Sabtu, 4/07/2015 di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Binjai.
Bimtek yang diikuti oleh tiga puluh orang guru dan pengawas Kristen ini memberikan bimbingan teknis tentang pembuatan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan tata cara penyusunan PTK dan laporan.
Para narasumber yang dihadirkan dalam bimtek ini sangat kompeten untuk menjelaskan dan memberikan materi tersebut, yakni selain Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Binjai, Narasumber dari BKN Mira Mayana Br. Karo-Karo, S.Sos, M.Si dan pembimas Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Johari Manik
.
Dalam arahannya Abdul Manan menyampaikan bahwa guru agama yang bekerja di Kementerian Agama harus senantias menunjukkan perilaku yang baik karena ada label agama dibelakangnya yang membedakannya dengan guru-guru lainnya.
Pada kesempatan tersebut juga dijelaskan agar guru-guru dan pengawas agama Kristen yang kebanyakan bertugas di sekolah dinas dapat memahami dan menanamkan nilai-nilai lima budaya kerja yang disarikan dari ajaran seluruh agama. Yaitu integritas sebagai keselarasan antara ucapan dan perbuatan, profesionalitas dimana guru haru memiliki skil dan keahliannya sebagai guru dan pengawas, inovasi yang dijelaskan bahwa guru harus mampu mengisi ruang kosong dalam penyampaian pembelajaran kepada anak didik sehingga mudah dipahami dan dimengerti dengan mudah.
Sedangkan tanggungjawab merupakan konsekuensi mutlak dari profesi pendidik karena setiap ajaran agama mengajarkan tentang tanggungjawab baik kepada diri sendiri, masyarakat maupun kepada Tuhan.
Terakhir keteladan dimana guru agama harus mampu memberikan contoh dan keteladan bukan hanya sebatas kata-kata tetapi lebih penting dari itu dari sisi perilaku hidupnya.
Sebelumnya Drs. Buala Zendrato, M.Pd.K sebagai ketua panitia dalam laporannya menyatakan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan bimtek ini secara sungguh-sungguh agar nantinya ilmu yang didapatkan dapat diaplikasikan dalam kinerjanya karena materi yang diuraikan bersifat teknis yang harus dikuasai oleh para guru dan pengawas sekaligus barang baru untuk pembuatan SKP, tegasnya. (by mufied)

0 komentar:

Posting Komentar